Keberadaan Lembaga Penjaminan Mutu Internal Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda (LPMI ITKES WHS) ditetapkan berdasarkan SK Ketua Yayasan WHS No. 0019/SK/A.1/Y-WHS/V/2020 tentang STATUTA ITKES WHS dan SK Ketua Yayasan No. 0030/SK/A.1/Y-WHS/VI/2020 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) ITKES WHS.

Pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal di ITKES WHS didasarkan pada dokumen mutu yang merujuk pada pada ketetapan dalam Permendikbud RI No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), meliputi 8 standar pendidikan, 8 standar penelitian, dan 8 standar pengabdian kepada masyarakat. SN-Dikti tersebut merupakan standar minimal yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi dan dapat ditambah dengan standar perguruan tinggi lainnya (standar turunan dan pengembangan) menyesuaikan dengan kebutuhan perguruan tinggi, khususnya ITKES WHS, untuk mencapai tujuan tata kelola pendidikan tinggi dan perguruan tinggi sebagaimana visi ITKES WHS

Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Standar Nasional Pendidikan

Standar Nasional Penelitian

Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

1

Standar kompetensi lulusan

1

Standar hasil penelitian

1

Standar hasil pengabdian kepada masyarakat

2

Standar isi pembelajaran

2

Standar isi penelitian

2

Standar isi pengabdian kepada masyarakat

3

Standar proses pembelajaran

3

Standar proses penelitian

3

Standar proses pengabdian kepada masyarakat

4

Standar penilaian pembelajaran

4

Standar penilaian penelitian

4

Standar penilaian pengabdian kepada masyarakat

5

Standar dosen dan tenaga kependidikan

5

Standar peneliti

5

Standar pelaksana pengabdian kepada masyarakat

6

Standar sarana dan prasarana pembelajaran

6

Standar sarana dan prasarana penelitian

6

Standar sarana dan prasarana pengabdian kepada masyarakat

7

Standar pengelolaan pembelajaran

7

Standar pengelolaan penelitian

7

Standar pengelolaan pengabdian kepada masyarakat

8

Standar pembiayaan pembelajaran

8

Standar pendanaan dan pembiayaan penelitian

8

Standar pendanaan dan pembiayaan pengabdian kepada masyarakat

Adapun dokumen SPMI yang ada di ITKES WHS berupa kebijakan mutu, manual mutu, standar mutu, dan formulir yang disahkan melalui surat keputusan Rektor ITKES WHS No. 1411.1/ITKES-WHS/HK/2020. Siklus sistem penjaminan mutu internal yang diterapkan di ITKES WHS mengacu pada Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Pasal 5 ayat (1) menyatakan bahwa sistem penjaminan mutu internal memiliki siklus kegiatan yang terdiri dari PPEPP, yaitu penetapan standar dikti, pelaksanaan standar dikti, evaluasi (pelaksanaan) standar dikti, pengendalian (pelaksanaan) standar dikti, dan peningkatan standar dikti. Bukti dari pelaksanaan PPEPP sebagai bagian dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi penjaminan mutu berupa laporan pertanggungjawaban kinerja di unit kerja terkait.

Bagan. Siklus PPEPP